Sunday Music: Nostalgia

Hari Minggu. Hari paling enak untuk mendengarkan lagu-lagu. Terkhususnya untuk saya, hari ini merupakan hari terakhir libur semester karena besok saya akan kembali masuk ke dunia perkuliahan. Entah kenapa mendadak mellow..Haha

Berhubung sedang galau begini, kayaknya akan lebih mantep kalau mendengarkan lagu era jaman dulu. Maka dari itu Sunday Music kali ini bertema nostalgia yang terdiri  dari lagu-lagu lama kesukaan saya.

Langsung saja, ini dia listnya..

  1. Don McLean- American Pie

Don McLean merupakan seorang sosok fenomenal pada jamannya. Lagu yang dirilis pada tahun 1971 ini memiliki maknanya tersendiri dalam liriknya. Lagu ini merupakan sebuah gambaran reaksi McLean terhadap kematian Buddy Holy dalam kecelakaan pesawat bersama dengan Ritchie Valens dan Big Booper . Maka dari itu pada liriknya ada kata-kata “But February made me shiver, with every paper i’d deliver” menggambarkan peristiwa pada tanggal 3 Februari McLean berusia 13 tahun dan bekerja sebagai loper koran. Dan pada waktu itu dia melihat berita duka tersebut di koran yang akan diantarkannya. Dia merasa bahwa hari itu Amerika mengalami kehilangan sosok musisi yang sangat besar. Dan setelah beberapa puluh tahun kemudian dia merasa bahwa musik Amerika berkembang ke arah yang salah. Lagu ini diawali dengan balad yang pelan kemudian ditengah-tengah perlahan berubah menjadi lagu yang cukup ceria namun kemudian perlahan-lahan kembali menjadi balad yang pelan.

2. Louis Armstrong- St. James Infirmary

Saya tidak menyangka saya akan menyukai blues. Menurut saya lagu ini memiliki daya tarik yang tidak biasa. Saya menyukai segalanya yang ada pada lagu ini. Efek setelah mendengarkan lagu ini entah kenapa begitu berbeda. Rasanya hati menjadi berat, sedih, dan perasaan aneh lainnya. Begitu melankolis tapi juga “uplifting”.Bingung kan? Saya juga. Liriknya juga cukup dark karena membawa tema “kematian”. Yang pastinya, lagu ini begitu menarik sehingga tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Intinya lagu ini indah tapi juga menyakitkan. Lebih cocok lagi watu didengarkan pada waktu hujan. Tambah berasa sedihnya..

3. David Bowie- Life on Mars

Siapa yang tidak tahu David Bowie? Aduh, rasanya gak afdol kalau tidak mengetahui karya-karyanya David Bowie yang merupakan seorang legenda dalam dunia musik. Menurut saya dari beberapa lagu karya David Bowie yang Life On Mars ini merupakan favorit saya. Lagu ini “vivid”, abstrak, tapi juga cukup aneh sehingga begitu berkesan. Lirik dari lagu ini ingin menunjukkan betapa “frustasinya” dia terhadap  hal-hal buruk  yang ada di sekitar seperti  “human/social corruption”. Betapa dunia begitu tidak adil dan sangat buruk sampai pada akhirnya liriknya berkata “Is there life on Mars?”.

Dan inilah 3 lagu era terdahulu yang merupakan favorit saya. Sebenarnya banyak lagu yang bagus-bagus tapi bagi saya 3  lagu diatas menurut selera saya adalah lagu yang paling berkesan.

Btw, sekian dulu Sunday Music kali ini. Semoga menjadi referensi musik yang menarik untuk didengarkan. Happy Sunday and see ya!

8 thoughts on “Sunday Music: Nostalgia

Tinggalkan Balasan

