Sunday Music: Good Old Time

Tahun-tahun lama memiliki banyak sekali lagu-lagu yang menarik dan sangat bagus. Dan kayaknya sayang kalau lagu-lagu tahun-tahun itu hanya dikenang dan tidak didengarkan llagi. Nah, untuk hari ini saya akan mengisi segmen Sunday Music dengan menyuguhkan 3 lagu tahun jaman dulu yang asik untuk didengarkan.

Berikut ini adalah listnya..

  1. Oasis- Wonderwall

Lagu yang dirilis pada tahun 1995 ini membuat kita rela untuk kembali pada tahun ’90-an.  Dari lagu-lagu Oasis lainnya, lagu Wonderwall ini justru menarik karena kesederhanaannya. Instrumennya didominasi oleh gitar akustik ditambah sedikit drum.Apalagi dengan adanya vokal dari Liam Galagher yang khas. Dalam lagunya, Oasis ingin menggambarkan kerentanan dari seseorang yang ditunjukkan dalam liriknya:

“Because maybe, you’re gonna be the one that saves me
And after all, you’re my wonderwall”

2. Rod Stewart- Maggie May

Maggie May adalah salah satu lagu dari Rod Stewart yang sangat terkenal. Lagu yang dirilis pada tahun 1971 ini. Nada-nadanya super catchy sehingga membuat kita bisa menari-nari atau setidaknya bergerak saat mendengarkan lagu ini. Sebnarnya liriknya cukup sedih sih karena dalam liriknya menggambarkan seorang laki-laki yang terperangkap dengan perempuan yang hanya memanfaatkannya padahal laki-laki tersebut sudah memberikan segalanya untuk si perempuan.

3. Marvin Gaye- Sexual Healing

Rasanya kalau tidak membicarakan Marvin Gaye kayaknya ada yang kurang. Marvin Gaye adalah salah satu musisi legendaris dan lagu Sexual Healing ini merupakan salah satu dari daftar 500 lagu terbaik sepanjang masa versi majalah RollingStone.Saya dulu pernah mendengarkannya dan awalnya saya anggap lucu aja dan menjadi “guyonan” dengan teman-teman karena.. judulnya aja sudah Sexual Healing. Tapi, ketika saya dengarkan lagi ternyata lagu ini itu begitu manis, indah, dan klasik. Suara Marvin Gaye yang khas mengisi lagu ini dengan nada-nada memukau. Liriknya juga ternyata memiliki makna sendiri. Bahwa seorang pria perlu menerima “Sexual Healing” yaitu perlu disembuhkan dengan merasa dicintai supaya menjadi orang yang lebih baik.

Dan itulan 3 lagu di tahun-tahun lama yang menurut saya bagus dan wajib untuk didengarkan kembali. Semoga menjadi referensi yang cocok di telinga kalan ya..

See you next time..

Iklan

Sunday Music: Recommendation

Saya merupakan orang yang sangat sering mengunjungi situs Youtube. Entah itu mencari tutorial, musik, review, atau melihat vlog. Mungkin hampir tiap hari saya mengunjungi Youtube. Nah, terkadang Youtube merekomendasikan beberapa video berdasarkan preferensi kita. Kali ini saya ingin memberikan list lagu yang direkomendasikan Youtube kepada saya dan kemudian menjadi lag favorit saya.

Langsung saja, ini dia listnya..

  1. Hippo Campus- Violet

Baru pertama kali ini saya mendengar band Hippo Campus ini. Lagunya yang berjudul “Violet” ini kesannya sangat manis. Selain itu hooknya juga catchy. Untuk lirik saya suka penggalannya yang ini:

Then you’ll come to me
With a bitter wind, in agony

Clean the reds, you’ll see
The sky is lushed in the company
Of those American eyes
See good on earth and truth in lies

* Btw, saya juga salah fokus sama ketampanan vokalisnya.:)

2. Kaleo- Way Down We Go

Dalam lagunya yang berjudul Way Down We Go ini Kaleo tampaknya ingin menonjolkan suaranya Julius Son yang sangat khas . Menuru saya lagu ini memiliki feel yang sangat berbeda dari lagu-lagu pada umumnya karena emosinya sangat terasa.Selain itu, balad dari lagu ini terkesan agak “spooky/dark”. Yang pastinya sangat saya rekomendasikan untuk didengarkan di hari Minggu ini.

 

3. Flume- Some Minds feat Andrew Wyatt

It’s time for Flume!!!  Flume merupakan salah satu favorit saya.Jadi untuk melihat ada rekomendasi Youtube, khususnya Flume pasti saya akan langsung dengarkan. Kali ini Flume berkolaborasi dengan Andrew Wyatt. Flume selalu berhasil menampilkan ciri khasnya, terkhusus lagi pada single Some Minds ini. Ada beberapa elemen pada akhir yang mengejutka dan tidak biasa. Namun justru itulah Flume. Selalu menyisipkan “element of surprise” pada tiap singlenya namun tetap bisa ditata dengan apik. Some Minds memiliki feel  “wholly cozy” yang membuat pendengarnya merasa nyaman dan calm. Worth to listen pastinya..

Dan inilah akhir dari Sunday Music kali ini. Semoga bisa menjadi referensi untuk mendengarkan musik pada hari Minggu ini. See ya..

 

Sunday Music: Nostalgia

Hari Minggu. Hari paling enak untuk mendengarkan lagu-lagu. Terkhususnya untuk saya, hari ini merupakan hari terakhir libur semester karena besok saya akan kembali masuk ke dunia perkuliahan. Entah kenapa mendadak mellow..Haha

Berhubung sedang galau begini, kayaknya akan lebih mantep kalau mendengarkan lagu era jaman dulu. Maka dari itu Sunday Music kali ini bertema nostalgia yang terdiri  dari lagu-lagu lama kesukaan saya.

Langsung saja, ini dia listnya..

  1. Don McLean- American Pie

Don McLean merupakan seorang sosok fenomenal pada jamannya. Lagu yang dirilis pada tahun 1971 ini memiliki maknanya tersendiri dalam liriknya. Lagu ini merupakan sebuah gambaran reaksi McLean terhadap kematian Buddy Holy dalam kecelakaan pesawat bersama dengan Ritchie Valens dan Big Booper . Maka dari itu pada liriknya ada kata-kata “But February made me shiver, with every paper i’d deliver” menggambarkan peristiwa pada tanggal 3 Februari McLean berusia 13 tahun dan bekerja sebagai loper koran. Dan pada waktu itu dia melihat berita duka tersebut di koran yang akan diantarkannya. Dia merasa bahwa hari itu Amerika mengalami kehilangan sosok musisi yang sangat besar. Dan setelah beberapa puluh tahun kemudian dia merasa bahwa musik Amerika berkembang ke arah yang salah. Lagu ini diawali dengan balad yang pelan kemudian ditengah-tengah perlahan berubah menjadi lagu yang cukup ceria namun kemudian perlahan-lahan kembali menjadi balad yang pelan.

2. Louis Armstrong- St. James Infirmary

Saya tidak menyangka saya akan menyukai blues. Menurut saya lagu ini memiliki daya tarik yang tidak biasa. Saya menyukai segalanya yang ada pada lagu ini. Efek setelah mendengarkan lagu ini entah kenapa begitu berbeda. Rasanya hati menjadi berat, sedih, dan perasaan aneh lainnya. Begitu melankolis tapi juga “uplifting”.Bingung kan? Saya juga. Liriknya juga cukup dark karena membawa tema “kematian”. Yang pastinya, lagu ini begitu menarik sehingga tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Intinya lagu ini indah tapi juga menyakitkan. Lebih cocok lagi watu didengarkan pada waktu hujan. Tambah berasa sedihnya..

3. David Bowie- Life on Mars

Siapa yang tidak tahu David Bowie? Aduh, rasanya gak afdol kalau tidak mengetahui karya-karyanya David Bowie yang merupakan seorang legenda dalam dunia musik. Menurut saya dari beberapa lagu karya David Bowie yang Life On Mars ini merupakan favorit saya. Lagu ini “vivid”, abstrak, tapi juga cukup aneh sehingga begitu berkesan. Lirik dari lagu ini ingin menunjukkan betapa “frustasinya” dia terhadap  hal-hal buruk  yang ada di sekitar seperti  “human/social corruption”. Betapa dunia begitu tidak adil dan sangat buruk sampai pada akhirnya liriknya berkata “Is there life on Mars?”.

Dan inilah 3 lagu era terdahulu yang merupakan favorit saya. Sebenarnya banyak lagu yang bagus-bagus tapi bagi saya 3  lagu diatas menurut selera saya adalah lagu yang paling berkesan.

Btw, sekian dulu Sunday Music kali ini. Semoga menjadi referensi musik yang menarik untuk didengarkan. Happy Sunday and see ya!

Sunday Music : Rock Your Day

Weekend terasa sangat singkat dan ternyata besok adalah hari Senin. Hari dimana kita akan kembali ke kesibukan kita masing-masing. Sambil menunggu datangnya hari yang sibuk itu, bagaimanakalau kita menikmati sisa weekend yang tinggal beberapa jam lagi dengan mendengarkan musik rock yang membuat kita bersemangat. Mungkin bisa juga didengarkan sambil melakukan kesibukan esok hari supaya tetap bersemangat dan tidak lesu.

Dan langsung saja ini dia list-nya:

  1. Shinedown- Cut The Cord

Shinedown dikenal dengan lagu- lagunya yang cukup keras dan rock banget. Lagu ini merupakan lagu yang paling saya sukai di album Threat To Survival karena masih kental jati dirinya Shinedown. Lagu ini yang paling agresif dan lumayan keras. Sebenarnya lagu-lagu  di Threat To Survival tidak jelek, tapi rasanya kok unsur rock dan gaharnya agak mulai memudar. Apalagi ada beberapa lagunya yang mirip Foo Fighters sama Imagine Dragons. Mungkin karena menyesuaikan pasar kali ya. Jadi waktu saya mendengarkan lagu ini rasanya lega karena Shinedown masih band yang “rock”.

2. Highly Suspect- My Name Is Human

Highly Suspect ini merupakan band yang mengeluarkan beberapa single keren seperti “Lydia” dan “Bloodfeather”. Pertama kali saya tidak sengaja mendengarkan lagu ini diputar diacara televisi  dan rasanya langsung jatuh cinta. Mendengarkan lagu ini rasanya seperti kembali ke lagu rock jaman ’90-an. Kayaknya agak grunge gimana gitu,soalnya ada unsur “dark”-nya. Ditambah lagi, liriknya agak rap tapi tidak mengurangi jati diri rock nya sendiri. Pokoknya keren lah..

3. Bleeker- Highway

Entah berapa kali saya mendengarkan lagu Bleeker ini. Saya ulang terus menerus kayaknya. Lagunya seru, berasa rock and roll banget tapi liriknya agak pop tidak seperti lagu rock kebanyakan yang kata-katanya agak agresif. Ditambah lagi suaranya juga dinamis dan menjanjikan. Yang pastinya lagu ini sangat cocok untuk mencerahkan hari kalian.

 

Dan sekian saja Sunday Music untuk hari ini. Semoga bisa membuat kalian bersemangat lagi untuk menyongsong hari Senin kalian besok hari.

Have a great weekend and see ya!

Sunday Music: Over and Over Again

Sudah lama ya rasanya saya tidak memposting  tentang segmen Sunday (or Saturday) Music. Maklumilah ya karena saya sedang liburan semester jadi hawa malesnya sangat menempel.

Untuk mengobati kerinduan kalian , hari ini saya akan memposting tentang 3 lagu yang selalu saya play akhir-akhir ini sampai tidak bosan-bosan. Mungkin saya terlalu over nge-play makanya segmen Sunday Music ini saya kasih judul Over and Over Again. Dan seperti biasanya, genrenya gado-gado ya..

Langsung aja ini dia listnya:

1.  AJR-Weak

” But I’m weak, and what’s wrong with that?
Boy, oh boy I love it when I fall for that”

Lagu ini saya sering sekali putar akhir-akhir ini karena super catchy, dan liriknya relatable dengan pengalaman kita waktu masih remaja dulu. Plus, nadanya cheerful, fun, dan sangat berasa nuansa summer yang buat kita pingin nari-nari ga jelas. Berasa banget pop nya tapi juga diselipkan electro yang khas banget AJR. Apalagi suara khasnya  Jack Evan sangat unik.Pokoknya supeeerr asikk deh.

 2. Opia- YDU ( BKAYE Remix)

Lagu ini saya sering putar akhir- akhir ini karena nuansanya beda. Calming, namun di saat yang bersamaan juga easy to listen. Sebenarnya lagu Opia- YDU yang asli lumayan, tapi entah kenapa begitu saya dengar remix-nya BKAYE ini rasanya kok langsung terpikat. Rasanya bikin ademPlus, remix-nya juga pas karena tetap mempertahankan feel lagunya yang agak gloomy, karena saya juga mendengarkan remix lain yang sudah berganti suasana dengan terlalu hard- pumping dan tidak sesuai sama lagunya. Pastinya sangat worth to listen.

3. The Lumineers- Sleep On The Floor

Band begenre indie-folk ini salah satu band kesukaan saya karena dalam setiap lagunya selalu menyuguhkan makna tertentu ataupun mengisahkan ceritanya sendiri. Lagu ini sangat saya senangi untuk dengarkan karena terdapat nuansa sadness tapi juga menyuguhkan keindahannya tersendiri. Video klip ini berkesinambungan dengan lagunya The Lumineers- Angela dan The Lumineers-Cleopatra jadi habis dengerin lagu Sleep on The Floor ini kayaknya harus deh untuk langsung lihat dua lagu itu. Intinya lagu ini menggambarkan bagaimana dalam kehidupan nyata terkadang kita mengambil keputusan yang kita sesalkan tapi  apa yang terjadi ya terjadilah dan kita harus menjalaninya mau tidak mau. Keren lah pokoknya..

 

Oke deh sekian untuk Sunday Music kali ini. Semoga bisa buat referensi untuk mendegarkan musik di weekend kali ini.

See ya!

Sunday Music: New Songs

Beberapa minggu ini banyak sekali lagu-lagu baru yang dirilis. Pada segmen Sunday Music kali ini, saya akan merekomendasikan beberapa lagu-lagu baru yang baru saja muncul di dunia musik. Seperti biasa, genrenya gado-gado biar lebih enak..haha..

Langsung aja ini dia listnya……

  1. Aluna George – Not Above Love

Biasanya kita mengetahui bahwa Aluna George sering berkolaborasi dengan beberapa remixer. Kali ini ia meluncurkan single terbarunya yang berjudul Not Above Love. Lagu yang dirilis pada 22 September 2016 di Youtube ini punya feel yang sangat calming, khas sekali dengan suara Aluna yang syahduu banget.. Cocok banget didingerin sewaktu hujan kayak gini. Langsung saja icip-icip didengerin.

2. Gryffin, Bipolar Sunshine- Whole Heart

Sebenarnya lagu ini tidak terlalu baru sih, karena tanggal rilis di Youtubenya pada tanggal 25 Agustus. Tapi, boleh lah ya dihitung baru..hehe. Saya sebenarnya sudah menyukai Bipolar Sunshine dari lama, namun kalau Gryffin saya baru tahu dari teman.  Ternyata, musik dari Gryffin ini sangat enak didengarkan,calming, namun juga unik. Monggo dicoba didengarkan…

3. One Republic ft. Peter Gabriel  – A.I

They flippin’ awesome! Salah satu band favorite saya ini entah kenapa kok rasanya selalu mengeluarkan lagu-lagu yang tidak pernah mengecewakan. Apalagi lagu yang dirilis di Youtube pada tanggal 29 September ini memiliki melodi-melodi yang unik dan catchy. Ditambah dengan suara Ryan Tedder yang khas bikin kita semakin cinta dengan band asal Amerika ini..

Sekian saja segmen Sunday Music untuk hari ini. Semoga bisa menjadi referensi untuk mendengarkan musik yang enak di hari Minggu yang tenang (?) ini. See ya next time! 

 

Sunday Music: Car Trip

Kalau hari Minggu kira-kira apa hal yang paling menyenangkan unutk dilakukan? Tentunya dengan jalan- jalan! Sunday is just a perfect time  for a little getaway. Entah mau bepergian antar kota ataupun sekedar berkumpul bersama teman dan keluarga tentunya bukan menjadi masalah. Dan rasanya kurang asik kalau dalam perjalanan kita tidak menyetel musik di mobil.

Maka dari itu, untuk segmen Sunday Music kali ini saya mengambil tema Car Trip. Saya akan memberikan list 3 lagu yang menurut saya cocok untuk didengarkan saat perjalanan. Langsung saja, berikut ini adalah listnya.. Check it out!

  1. One Republic- Kids

Lagu yang dipublish pada tanggal 11 Agustus 2016 di Youtube ini memiliki nuansa yang berbeda dari beberapa lagu One Republic sebelumya. Pada lagu berjudul Kids ini ada nuansa summer berbeda dengan beberapa lagu sebelumnya yang sangat fire up namun juga tetap memiliki makna mendalam yang menjadi ciri khas lagu One Republic.

2. Jonas Blue ft. JP Cooper- Perfect Stranger

Lagu ini super fun! Setiap nada begitu fresh, catchy, dan membuat kita pendengarnya menjadi sangat bersemangat. Jangan heran jika kita tanpa sadar mereplay lagu ini berulang-ulang karena musiknya yang sangat menarik, cerah, dan memiliki feel yang bagus.

3. A-Trak & Zoofunktion- Place on Earth

Lagu genre tropical house ini salah satu favorit saya. Beatnya super catchy dan sangat summery. Selain itu lagu yang dikeluarkan pada tahun 2015 ini memiliki drop yang funky dan fresh. Cocok banget untuk mengisi car trip kamu yang boring dan monoton.

Btw, sekian saja untuk list hari ini. Semoga bisa mengisi car trip kalian supaya tidak bosan di jalan. Happy holiday!

*Sebenarnya ini mau diupload jadi Sabtu supaya jadi Saturday Music tapi apalah daya telat upload jadinya ganti nama jadi Sunday Music. 🙂 🙂

Saturday Music

Mulai hari ini setiap hari Sabtu saya akan memberikan top 3 music list. Genre dari lagu-lagu ini bercampur dan juga tidak berdasarkan tahun serta urutan juga random.Tema untuk minggu ini adalah: laid back/chill atau lagu-lagu yang bisa bikin kita shantaii dan enjoy. Langsung saja deh ini dia list- listnya:

  1. Twenty One Pilot: Heathens

Twenty One Pilots merupakan salah satu band (duo?) favorit saya. Pertama kali lihat di Youtube, saya sangat excited karena lagu ini merupakan salah satu ost dari Suicide Squad. Lagu-lagu Twenty One Pilots yang dikenal ber-vibe dark-melodic  tercermin di lirik dan melodi lagu ini. Dan juga tentunya sangat sesuai dengan overall theme film Suicide Squad. Apalagi pemakaian melodi yang aneh malah bikin jatuh cinta parah.

2. Flume ft. Jezzabell Doran :Slepless

Walau vokalnya cuma sedikit, lagu chill-electronic ini (ini genre ngarang karena vibe-nya Flume ini bikin kita super chill-santai tipis-tipis) bikin telinga kita meleleh dan hati adem deh. Susah diungkapkan dengan kata-kata. Pokoknya langsung play aja. Pasti kalian paham maksudku.Super recommended!

3. What so Not ft.George Maple : Gemini

Gatau mau ngomong apa lagi untuk yang satu ini. Aestechic eargasm!! Langsung cuss dengerin.

Oke.. Sekian untuk top 3 list Sabtu  ini. Semoga bisa menemani malam minggu kalian yang sedang menginginkan suasana santai, chill, cool down, dll. Tentunya pula bisa membuat kalin terhibur.See ya later pepps!

Fall Out Boy, Whyyy?

86c8f7a2-9274-4c5f-82d4-4fdd177f0f5a

Pada tahun 2013 yang lalu, saya jatuh cinta pada salah satu band bergenre Alternative Rock yaitu Fall Out Boy. Band beranggotakan  Patrick Stump (vokalis/gitaris), Pete Wentz (bassis), Joe Trohman (gitaris), dan Andy Hurley  (drummer) ini membuat saya terpana karena album mereka Save Rock and Roll memang gila banget sih. Suara si kece Patrick yang khas banget dan musiknya yang beda banget dari band rock-rock lain bikin saya eargasm. Mulai dari My Songs Know What You Did in the Dark sampai Rat A Tat membuat  saya menggemari band satu ini.

Save-Rock-And-Roll

Selain itu, saya semakin menyukai Fall Out Boy berkat single-single lain berjudul Centuries, Immortal, dan American Beauty American Psycho yang sangat apik dan memiliki ciri khas musik-musiknya. Semua lagu-lagu ini sampai saya play berkali-kali sampai sekarang dan tetap gak bosen. Bahkan saya menge-play lagu ini saat bersih-bersih rumah supaya tidak berasa capeknya.

Tapi, saya kemudian agak dikecewakan dengan band ini. Fall Out Boy merilis single untuk soundtrack dari Ghostbusters. Jujur, saya agak sedih dengan lagu Fall Out Boy yang satu ini. Menurut saya, lagu ini sangat nanggung, kurang mantap seperti lagu-lagu diatas. Bahkan di Youtube lagu ini mendapat lebih dari 113.000 dislike. Mungkin dikarenakan ekspektasi para fans yang tinggi terhadap Fall Out Boy karena mengisi franchise film yang terkenal seperti Ghostbusters dan keberhasilan Fall Out Boy yang dulu mengisi soundttrack Big HERO 6  dengan single Immortals yang apik.

gbusters-social

Saya berharap sih untuk single selanjutnya Fall Out Boy bisa comeback secara baik dengan menghasilkan sesuatu yang menarik dan tidak membuat para fansnya kecewa (salah satunya saya).

Oke deh sekian saja postingan untuk hari ini. Semoga di hari lain kita bisa mendengar Fall Out Boy dengan album kece lainnya. See ya in the next post!